Momen Idhul Adha Warga Dusun Krajan, Jombang Guyup Rukun Membagikan Hewan Qurban



JAKMAS - Idhul Adha merupakan salah satu momen dimana umat islam memperingati peristiwa qurban, yaitu ketika Nabi Ibrahim As bersedia mengorbankan putra semata wayangnya atas perintah Allah SWT melalui mimpinya.


Dalam perayaannya, warga Dusun Krajan RT 01/01 (Kaliceper ) Desa Curahmalang ,Kecamatan Sumobito,Kabupaten Jombang ,yang mayoritas penduduknya beragama Islam mengumandangkan takbir di mushola Babussalam dan Almadinah , para pemuda dan warga Guyub rukun bertakbir  yang menambah kemeriahan perayaan Idhul Adha tahun ini .

Setelah adakan takbiran mayoritas orang menyebutnya, keesokan harinya menyelenggarakan Sholaat Ied sekaligus menyembelih hewan Qurban. Pelaksanaan sholat Idhul Adha dan penyembelihan hewan Qurban diadakan di Musola Babussalam dusun Krajan RT 01/01 (Kaliceper). Sedangkan warga tersebut Sholat Ied di masjid agung darusalam desa curahmalang  pada pukul 06.20 WIB dan terlaksana dengan khidmat dan tertib.

Mas Heri salah satu panitia penyembelihan hewan qurban dusun Krajan Kaliceper "menyampaikan" Hari Raya Qurban atau biasa kita sebut Idhul Adha yang kita peringati setiap tahun tidak bisa lepas dari kisah Nabi Ibrahim As yang bersedia menyembelih putra satu-satunya yaitu Nabi Ismail As sebagai bentuk ketaqwaan kepada Allah SWT. Namun saat hendak menyembelih, Allah SWT menujukkan kemurahannya dengan mengirimkan seekor domba jantan untuk dikorbankan menggantikan Ismail As “ , Ungkap Heri,.

"Masih dengan mas Heri"Setelah pelaksanaan Sholat Idhul Adha, jamaah sholat Ied bergegas kembali menuju halaman Musola Babussalam dusun Krajan RT 01/01(Kaliceper)untuk melakukan penyembelihan hewan Qurban., hewan qurban yang disembelih pada hari raya Idhul Adha ialah enam (6) kambing.

Penyembelihan hewan Qurban di ikuti oleh panitia qurban atau jamaah sekitar musola Babussalam dusun Krajan RT 01/01(kaliceper)baik laki-laki maupun perempuan. Kerja sama dan gotong royong dalam menyembelih hewan qurban menunjukkan bahwa umat muslim di wilayah Dusun tersebut guyub rukun dan damai "pungkas mas Heri"Senin 17 Juni 2024,.Jhon/Mukid
Previous Post Next Post