Nusantara Bangkit, Ambal Warsa Penanggalan Jawa ke 2935 Diadakan di Sendang Kamandanu Kediri.

Nusantara Bangkit, Ambal Warsa Penanggalan Jawa ke 2935 Diadakan di Sendang Kamandanu Kediri.

JAKMAS | Kediri Kamis 20 Juni 2024. Jakmas.com,Petilasan Sendang Kamandanu bersinar terang pada Kamis malam 20 Juni 2024, seluruh pelaku, pegiat, spritual dan pelestari budaya bangkit dan bergerak mengadakan seremonial dan ritual untuk memperingati hari jatuhnya 2935 tahun pemanggalan Jawa.

Pegiat budaya se karesidenan Kediri bersatu guyup rukun mengadakan acara tumpengan bersama dengan cara gotong royong untuk bisa menyajikan beraneka masakan mulai dari beraneka tumpeng dan masakan sajian lainnya.

Pelaksanaan menjadi ringan bila gotong royong dilakukan bersama dengan penuh kesadaran kami atas nama panitia bersama mengucapkan terimakasih atas atensi dan suport dalam bentuk apapun dari teman teman secara pribadi maupun dari komunitas yang ada dan hadir malam ini, juga terimakasih kepada bunda Linda kepala Desa Pamenang yamg lokasinya berkenan kami tempati untuk lancarnya acara ini.


Acara yang dimulai jam 19.00 wib sampai selesai ini berjalan dengan lancar dan hikmat apalagi dengan lantunan doa Jawa yang dibacakan oleh Ki Budi Sejati menambah atmosfir kesakralan acara malam itu.

Esesnsi doa sangat erat dengan tema acara, yang dilengkapi sesaji dalam ritual aneka tumpeng contohnya tumpeng pepak,tumpeng tangi,tumpeng jajan, tumpeng sayur tumpeng kuat, tumpeng pari dan tumpeng buah.

Sajian terdiri dari aneka sayur ndeso seperti lodes, eseng kates, mendoan, sayur rebung, sayur terong kacang, krupuk pelangi, krupuk bahagia dan masih banyak lagi tak lupa sajian kopi, teh dan air putih dalam kendi nampak tradisional dan klasik.

Dalam acara yang tersusun rapi dipandu dengan apik dan santun oleh pembawa acara terdiri: Sambutan ketua panitia bersama diwakili oleh Denmas Ragil,sambutan bunda Linda Kepala Desa Pamenang mengucapkan terimakasih telah mempercayakan gelar acara Ambal Warsa penanggalan Jawa ke 2935 di wilayahnya yaitu di Sendang Kamndanu.

Lanjut acara pentas seni tari, anugerah prasasti ambal warsa, umbul donga, doa lintas agama, porak tumpeng, tanam pohon pancasila dan acara berakhir dengan ramah tamah.

Previous Post Next Post