Sanggar Budaya Tribuwana Wisnu Kencana Gelar Bantengan Lembu Putra Tejowangi



JAKMAS | Pasuruhan 11 Juni 2024. Pegiat seni budaya yang bernaung dibawah bimbingan Sanggar Budaya Tribuwana Wisnu Kencana yang diketuai Bunda Retno, mengadakan pagelaran bantengan di dusun Garman rt 10 rw 06 desa Sekarmojo kecamatan Purwosari kabupaten Pasuruhan, mulai jam 10.00 wib sampai selesai.

Pada kesempatan hari itu menampilkan kesenian Bantengan Lembu Putra Tejowangi dari kesenian kearifan lokal Pasuruhan sendiri. 


Pagelaran itu sendiri diadakan dalam rangka memperingati hari lahirnya Pancasila 1 Juni 2024,dan bertujuan melestarikan serta membangkitkan kembali kesenian bantengan versi Pasuruhan dan memberi peluang kepada para pedagang lokal untuk mengkatkan usaha kecil menengah yang meramaikan. Bahkan didukung perangkat desa Garman yang ikut menghadiri acara tersebut.

Sedang keberadaan Sanggar Budaya Tribuwana Wisnu Kencana berada dalam naungan MATRA (Masyarakat Adat Nusantara) Dpd Kabupaten dan Kota Pasuruhan.

Bunda Retno sebagai ketua bidang Pengkajian, Pelestarian Adat dan Budaya menuturkanpentingnya terus bergerak dan berkarya untuk menumbuhkan kecintaan kembali pada kesenian tradisonal yang ada di Pasuruhan.


Penulis : Dewi Kushmanda

Previous Post Next Post