Haryo Laras Campursari,Wayang Kulit Dalang Ki Hariadi Priyambodo Ramaikan Syuroan di Ds. Sumber Jati Mojokerto.

Penyerahan wayang gunungan kepada dalang Ki Hariadi Priyambada dari Dodik Supriyanto S. Ag


JAKMAS.COM | Mojokerto Jumat 26 Juli 2024. Dalam rangka acara memperingati Syuroan di punden Serang Baya di desa Sumber Jati kec. Mojoanyar Mojokerto Kamis 25 Juli 2024.

Mantan kades Sumber Jati Dodik Priyanto S. Ag sebagai penggagas acara tersebut mengatakan" Acara ini dihadiri beberapa tokoh pegiat budaya dari Mojokerto juga dari luar kota,salah satunya komunitas Suruh Nusantara dari Surabaya dan Wakil bupati Mojokerto Gus Bara.".

" 1 syuro adalah bulan Muharom,dan saya hadir mewakili bupati Mojokerto yang sangat mengapresiasi dalam kegiatan nguri uri tradisi leluhur.. Bangsa yg besar adalah bangsa yg tidak melupakan leluhurnya. Kita adalah bangsa yg besar yg mempunyai peradaban yg tinggi. Kesenian yg ditampilkan ini bisa menjadi istiqomah yg menjadi kebanggan kita semua", tutur Gus Bara dalam sambutannya. 

Doa di punden dipimpin oleh Romo Totok Widiarto atau panggilan akrab kung Totok Napak Tilas Jtv.

Mantan kepala desa Sumber Jati Mojoanyar Dodik Supriyanto S. Ag sedang memberikan sambutan.

Pagelaran wayang  dibuka dengan campursari Haryo Laras dan tari Remo busana priya yang menjadi khas dari pagelaran wayang kulit gagrak Mojokertoan, penyerahan gunungan kepada dalang muda yang berpotensi Ki Hariadi Priyambada dari Gedek di laksanakan langsung oleh Dodik Priyanto selaku sohibul hajat. Dalam gelar wayang kulit mengambil lakon carangan Rahwana Meguru.

Previous Post Next Post