Sejak 1928 PT Candi Loka Perkebunan Teh Jamus Ngawi Masih Beroperasi Hingga Kini

Sejak 1928 PT Candi Loka Perkebunan Teh Jamus Ngawi Masih Beroperasi Hingga Kini


JAKMAS.COM | Ngawi Selasa 16 Juli 2024.Jakmas.com. Perkebunan dan pabrik teh PT Candi Loka di Jamus Ngawi masih beroperasi dari tahun 1928 sampai sekarang,yang  kurang lebih masih mempekerjakan hampir 500 orang. 

Menurut keterangan Sutomo bagian kepala Management,masih ada tiga mesin peninggalan Belanda yang masih aktif digunakan sebagai penggilan tahap dua sesudah daun teh segar dimasukkan pada proses mesin pelayuan. Ada empat tahap proses agar daun teh menjadi bahan baku sebelum teh siap saji. Yang pertama pelayuan, penggilan, pengeringan atau dryer dan pengeringan akhir bolty yang prosesnya selama sekitar 14 jam agar kadar air tinggal 3 atau 4 persen saja.

Dengan demikian teh kering sebagai bahan baku siap untuk dikirim ke perusahan teh untuk diramu dan diberi label merk tertentu dengan bermacam cita rasa siap saji yang dijual dan dikonsumsi masyarakat,jelas Imam Gozali.

Untuk memenuhi kebutuhan daun teh segar maka untuk tehnik pemetikan pucuk daun teh saat ini menggunakan gunting atau mesin. Karena berkaitan dengan masa petik yang kurang lebih sebelum 40 hari harus sudah dipetik, ketepatan waktu petik pucuk daun teh mempengaruhi cita rasa teh, bila terlalu tua cita rasa teh akan berbeda,lanjutnya.

Bangun pabrik yang masih terlihat kokoh sejak jaman Belanda itu sudah mengalami beberapa renovasi. Untuk mesin pelayuan itu sendiri saat ini sudah menggunakan bahan bakar pelet untuk menggantikan bahan bakar kayu bakar atau batu bara. Sedangkan untuk peralatan tungkunya dibuat oleh team mekanik dari PT Candi Loka sendiri.

Untuk penggunaan listrik mandiri dengan menggunakan PLTMH( pembangkit listrik tenaga mesin hidrolik) untuk mesin lenggilan terakhir atau bolty.

Previous Post Next Post