Desa Segunung Peringati Hari Jadi Kemerdekaan RI ke 79 Gelar Ludruk Budi Wijaya Jombang.



JAKMAS-Mojokerto Kamis 15 Agustus 2024. Meriahkan hari jadi kemerdekaan NKRI ke 79 tahun, gelar Ludruk Budi Wijaya di Desa Segunung Kecamatan Dlanggu Mojokerto, pada Kamis Wage 15 Agustus 2024 dimulai jam 19.30 wib sampai selesai dini hari. 

Pagelaran Ludruk yang menanmpilkan banyak atraksi seni dari campursari yang menghadirkan salah penyanyi mungil cantik dan ethes Ika Rempong, tari jaranan, penari ular dan masih banyak lagi. Lawak cak Kuntet dkk tampil mengocok perut penonton yang memenuhi perempatan dijalan dalam desa Segunung. 

Menurut Mbah Lurah Segunung Sumadi menjelaskan bahwa, " Saya sangat berterimakasih kepada perangkat desa dan seluruh warga segunung, para tamu pegiat budaya dan Forcopimca Dlanggu. Kenapa harus Ludruk? Ya karena saya sangat mencintai kesenian khas Jawa Timur yaitu Ludruk, karena saya juga menjadi pembina beberapa group kesenian Ludruk. Kesenian tradisonal ini harus dilestarikan dan di uri uri keberadaannya jangan sampai tergerus jaman, bagaimana caranya agar tetap diminati masyarakat era milenial ini. Ya harus selalu kreatif dalam pementasannya namun tetap pada pakemnya.



Acara juga dihadiri Kapolsek Akp M. Khoirul Umam, Camat Dlanggu Samsul Bakri, Kapt. Infrantri Warudi dan kehadiran dari Forcopimca Dlanggu malam itu,sangatlah penting karena merupakan keperdulian pada seni budaya yang sinergi dan menciptakan situasi kondusif karena pagelaran pentas seni itu melibatkan kehadiran masyarakat banyak. 

Sedangkan Ludruk yang dibuka dengan Tari Remo busana Putra tersebut menggelar cerita Kanjeng Sunan Kalijogo.

Nampak hadir dari para pegiat budaya seperti Mbah Klonong, Ki Suryohadi, bunda Kun dari Komunitas Kencono Ungu, bunda Retno dan bunda Maizaroh. 




Previous Post Next Post